10 Mahluk yang Hanya Ada dalam Dongeng

    Author: Chain Genre: »
    Rating


    Dunia dongeng adalah dunia imajiner yang tanpa batas. Makhluk yang ada dalam dunia dongeng juga makhluk kayalan kadang aneh dan tidak terpikir oleh akal manusia. Banyak cerita atau dongeng yang menjadi legenda. Bahkan ada yang berpendapat makhluk itu benar-benar ada dan beberapa kali menampakkan diri seperti yeti, bigfoot atau monster lochness “nessie”. Apa saja makhluk yang hanya ada dalam dongeng? Berikut adalah 10 daftarnya.
    Edward Cullen as a vampire on Twilight

    1. Centaur
    Centaur adalah mahluk yang biasa ditemui di mitologi Yunani dan hanya ada dalam cerita atau dongeng. Centaur adalah setengah manusia setengah kuda. Centaur kerap muncul di film-film Hollywood seperti Narnia, Harry Potter, film seri televisi Hercules dan lainnya. Centaur tidak hanya berjenis kelamin pria namun ada pula centaur wanita. Tokoh centaur biasanya menjadi prajurit yang tangguh dan kuat.
    Centaur

    2. Yeti

    Yeti adalah mahluk yang konon hidup daerah bersalju di Himalaya atau dikenal dengan sebutan manusia salju. Belum ada yang melaporkan melihat atau bertemu dengan yeti, sehingga kesimpulannya yeti hanya ada dalam cerita atau dongeng. Mahluk yeti digambarkan sebagai manusia salju yang besar, berbulu dan menyeramkan. Yeti biasanya ceritakan untuk menakut-nakuti anak-anak yang nakal dan tidak menurut.
    Yeti

    3. Monster Loch Ness

    Monster Loch Ness adalah mahluk legenda Skotlandia yang keberandaannya masih belum diketahui secara pasti. Legenda monster loch ness sering diberitakan menampakan diri untuk pertama kalinya di tahun 1933 di danau Loch Ness, Dataran Tinggi, Skotlandia. Monster loch ness atau dikenal dengan “nessie” adalah mahluk yang mirip dengan dinosaurus berleher panjang atau ular atau naga yang kerap terlihat hanya kepala dan leher.
    Monster lochness

    4. Big Foot

    Big foot juga merupakan mahluk cryptid (dalam bahasa Yunani artinya rahasia atau tersembunyi) yang hanya ada dalam cerita atau dongeng atau hanya sebuah legenda. Bigfoot konon hidup di hutan yang digambarkan sebagai mahluk yang besar, berbulu, seperti kera, bertingkah laku seperti manusia dan kadang menyerang manusia. Bigfoot memiliki tinggi kira-kira 2 hingga 3 meter, berat 250 kg dengan tubuh tertutup bulu lebat berwarna coklat atau gelap. Bigfoot diceritakan hidup di daerah Amerika Utara dan dilaporkan terlihat di tahun 1950an.
    Bigfoot

    5. Satyr

    Satyr adalah mahluk dalam mitologi masyarakat Yunani kuno dan hanya ada dalam cerita atau dongeng. Satyr digambarkan sebagai mahluk setengah manusia dan setengah kambing. Bagian kepala juga terdapat tanduk dan berbulu seperti kambing. Hanya memiliki dua kaki dengan telapak kaki kambing. Satyr digambarkan sebagai mahluk yang pemalu, pengecut dan suka membuat masalah.
    Satyr

    6. Vampir dan Dracula

    Vampir dan Dracula adalah makhluk yang ada dalam dongeng, cerita atau film. Dracula merupakan mitologi Eropa (Rumania) yang populer setelah abad 18 sedangkan vampir adalah mitologi yang hidup di seluruh dunia. Vampir dikenal sebagai mayat hidup hingga pada tahun 1897 Bram Stoker penulis novel memperkenalkan vampir baru yang dikenal dengan Dracula. Vampir dan Dracula sama-sama menghisap darah, takut pada matahari dan sama-sama kejam. Dracula cenderung hidup sendiri dan ada yang menceritakan senang tidur di peti mati, penampilan dracula lebih kuno dengan jubah hitam-hitam dan bergigi taring yang tajam. Sedangkan vampir hidup berkelompok atau berkoloni dan penampilannya cenderung seperti manusia biasa seperi Edward Cullen dalam trilogi film dan novel Twilight.
    Edward Cullen as a vampir on Twilight

    7. Mermaids

    Mermaids (dalam bahasa Indonesia Putri Duyung) adalah mahluk yang hanya ada dalam cerita atau dongeng. Mermaid digambarkan sebagai mahluk air dengan bagian atas manusia perempuan, berambut panjang dan bagian pinggang kebawah bertubuh ikan. Mermaids merupakan mahluk mitologi yang populer diseluruh dunia. Banyak pelaut yang mengaku pernah melihat mermaids. Mermaids diceritakan kerap menampakkan diri dan ingin menjadi gadis seutuhnya dan hidup di darat bersama pangeran tampan, meskipun di kehidupan bawah laut mereka hidup bahagia dan abadi. Mermaids juga diceritakan ada yang berjenis kelamin pria seperti dewa laut, Neptunus.
    Mermaids

    8. Naga

    Banyak anak yang menanyakan kepada orangtuanya apakah Naga itu ada atau tidak. Naga adalah mahluk mitologi yang hanya ada dalam dongeng atau cerita. Konon naga populer dalam tradisi Eropa, mitologi Yunani kuno, dongeng Timur Tengah, budaya Cina, Jepang, Korea dan wilayah Asia lainnya. Mitologi naga sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Naga digambarkan sebagai ular besar yang bisa terbang, memiliki kaki, cakar, sayap dan mengeluarkan api. Dalam beberapa dongeng naga dapat berbicara seperti manusia. Kadang digambarkan sebagai monster jahat, kadang digambarkan sebagai peliharaan yang sangat patuh kepada majikannya. Dalam budaya Cina naga adalah simbol keberanian dan kepahlawanan yang dianggap sebagai pelindung.
    Naga

    9. Pegasus

    Pegasus adalah mahluk mitologi Yunani kuno yang hanya ada dalam dongeng atau cerita. Pegasus digambarkan sebagai kuda bersayap yang dapat terbang, kadang digambarkan berwarna putih atau emas. Pegasus digambarkan sebagai anak dari Poseidon (dewa laut mitologi Yunani) dan Medusa (wanita dengan mahkota ular di kepala). Pegasus diceritakan sebagai makhluk yang baik dan menjadi tunggangan ksatria Bellerophon dalam melawan Chimera. Pegasus menjadi simbol keberanian, kebijaksanaan, kebaikan dan kebenaran. Pegasus sering menjadi inspirasi para seniman dalam karya-karya mereka seperti lukisan, patung atau tugu peringatan bahkan ada yang menggunakannya untuk logo perusahaan.
    Pegasus

    10. Unicorn

    Unicorn adalah makhluk yang hanya ada dalam dongeng atau cerita. Unicorn mitologi legendaris dari Eropa yang digambarkan sebagai kuda betina yang berhati lembut dan baik hati. Semua setuju bahwa unicorn adalah mahluk dari negeri dongeng yang baik hati. Unicorn digambarkan sebagai kuda putih yang bersinar dengan rambut yang panjang dan indah serta memiliki tanduk panjang di dahi. Konon unicorn hidup liar di alam, karena keindahannya unicorn diburu oleh manusia dan konon hanya bisa ditangkap seorang gadis. Unicorn diceritakan memiliki kekuatan, simbol kesucian dan dapat menyembuhkan penyakit.
    Unicorn

    Share On:

    Leave a Reply


    Powered by : YahyaGallery