10 Cara Sehat dan Aman Menurunkan Berat Badan

    Author: Yahya Gunawan Genre: »
    Rating


    Usaha menurunkan berat badan atau banyak yang menyebutnya dengan diet bukanlah sekedar untuk memperoleh berat badan yang ideal tetapi juga menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Berdiet dengan cara yang tidak benar akan merugikan diri sendiri bahkan dapat berujung pada kegagalan. Berikut ini adalah 10 cara sehat dan aman menurunkan berat badan. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum anda melakukan diet.
    10 cara sehat dan aman menurunkan berat badan.

    1. Cukup tidur

    Ada pendapat yang menyatakan bahwa dengan mengurangi jam tidur dapat menurunkan berat badan. Pendapat ini tentu saja tidak benar, bahkan survei yang didukung oleh US Nurse Health Study menyatakan sebaliknya. Survei dilakukan oleh 68 ribu wanita, usia 16 tahun, menemukan bahwa koresponden yang memiliki jam tidur selama 5 jam memiliki berat badan berlebih jika dibandingkan koresponden yang memiliki jam tidur antara 6 sampai 7 jam. Hormon ghrelin (hormon yang berperan meningkatkan nafsu makan) akan meninggi pada saat kita kurang tidur, sehingga orang yang tidur hingga larut malam (begadang) akan cepat merasa lapar dan memicu terjadinya kegemukan. Salah satu cara yang aman dan sehat menurunkan berat badan adalah dengan tidur yang cukup, tidak terlalu sebentar dan juga jangan terlalu lama.

    2. Terapkan diet Yin-Yang

    Diet Yin-Yang adalah salah satu cara sehat dan aman dalam menurunkan berat badan. Diet Yin-Yang memang agak rumit, butuh kesabaran dan ketelatenan. Yin-Yang adalah suatu konsep keseimbangan dalam hidup, begitu pula dengan usaha menurunkan berat badan diperlukan adanya keseimbangan makanan yang kita konsumsi. Apabila anda sulit mengingat kategori jenis makanan yin-yang, ada cara yang paling mudah dalam menerapkan diet yin-yang. Pada saat anda menyiapkan makanan usahakan seimbangkan antara rasa, warna dan variasi. Jangan terlalu sering membuat makanan dengan satu cara saja, misalnya dengan menggoreng terus menerus, variasikan dengan merebus, memanggang, mengukus dan lain sebagainya. Jangan pula terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan satu jenis saja, misalnya mengkonsumsi daging terus menerus atau mengkonsumsi buah terus menerus. Apabila anda ingin menerapkan diet yin-yang sesuaikan dengan karakter diri anda, kondisi tubuh anda, keadaan emosi anda dan cuaca.
    Diet yin-yang salah satu cara mudah dan aman menurunkan berat badan.

    3. Terapkan diet Low Fat, bukan Low Carb

    Diet low carbo memang efektif dan cepat dalam menurunkan berat badan, jika dibandingkan dengan diet low-fat yang cenderung lambat dalam menurunkan berat badan. Namun sebuah penelitian yang dimuat dalam New England Journal of Medicine menyatakan bahwa yang menggunakan diet low-carbo pada bulan ke-12 akan kembali mengalami kenaikan berat badan yang lebih besar dari mereka yang menerapkan diet low-fat. Diet low-fat adalah salah satu cara yang aman dan sehat dalam menurunkan berat badan. Diet low-fat tidak terbukti memiliki efek samping jika dibanding diet low-carbo yang dapat beresiko terkena kelainan jantung, ginjal, hati dan tulang. Mereka yang menerapkan diet low-carbo akan mengurangi asupan karbohidrat dan sebagai penggantinya mereka mengkonsumsi protein secara berlebih seperti daging sapi, telur, sosis dan lain sebagainya.

    4. Terapi air putih

    Tubuh kita 70 % terdiri dari air dan kita membutuhkan minimal 2 liter per hari untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh yaitu dengan cara mengubah makanan menjadi energi. Rajin minum air minimal 2 liter per hari adalah cara mudah, sehat dan murah dalam usaha menurunkan berat badan. Berikut ini adalah tipsnya: biasakan selalu membawa minum kemanapun anda berpergian, ganti cemilan anda dikantor dengan air putih, minum 1 gelas air hangat sewaktu bangun tidur, jika ingin memberi rasa pada minuman anda tambahkan potongan buah segar seperti apel, stroberi, lemon dll. Air sangat penting bagi tubuh manusia, apabila anda tidak cukup minum maka tubuh anda tidak dapat membakar kalori dengan baik. Selain itu minum juga dapat mengalihkan rasa lapar, karena terkadang tubuh kita mengirim sinyal ”pura-pura” lapar dan dehidrasi tetapi tubuh meresponnya dengan mengkonsumsi makanan bukan dengan minum.

    5. Terapkan diary diet

    Diary diet juga salah satu cara aman dan sehat dalam menurunkan berat badan. Diary diet bertujuan untuk membantu anda mengingat-ingat makanan apa saja yang sudah anda konsumsi, dengan cara mencatatnya. Diary diet berguna agar anda terbiasa menyadari apa saja yang telah anda konsumsi, membantu anda mengenali jenis makanan apa saja yang baik atau tidak untuk anda, membantu anda mengantisipasi dalam mengkonsumsi makanan yang berlebihan karena dorongan suasana hati (keadaan emosi anda) dan membantu anda lebih disiplin. Catatlah apa yang telah anda konsumsi dihari tersebut, kemudian review ketika anda akan pergi tidur. Maka anda akan terkejut dengan yang telah anda makan.

    6. Terapi jus

    Terapi jus atau disebut juga detoksifikasi adalah usaha melakukan pola makan dengan mengkonsumsi buah mentah dengan cara diblender. Meskipun tubuh kita setiap saat melakukan detoks (membuang yang tidak berguna), melalui keringat, buang air besar dan buang air kecil, namun adakalanya sistem pembuangan kita tidak bekerja secara optimal dan efektif. Terapi jus juga merupakan cara yang sehat dan aman dalam menurunkan berat badan. Pilihlah buah-buahan yang mendukung anda dalam menurunkan berat badan seperti apel, pepaya, alpokat dan lain sebagainya.

    7. Diet tanpa rasa lapar dengan grapefruit

    Diet dengan grapefruit adalah salah satu cara yang sehat dan aman dalam menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Physiology, kandungan frukstosa pada grapefruit memiliki efek thermogenic atau dapat menghasilkan panas tubuh, sehingga membantu mempercepat proses pembakaran lemak. Mengkonsumsi buah grapefruit atau jus grapefruit terbukti dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kadar insulin.
    Diet dengan grapefruit salah satu cara menurunkan berat badan yang sehat dan aman.

    8. Cobalah diet mediterania

    Diet mediterania adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan aman, sehat dan mengurangi resiko gangguan otak. Diet mediterania berasal dari kawasan Mediteran, Yunani. Diet tersebut menganjurkan agar lebih banyak mengkonsumsi buah, sayur, biji-bijian, dengan minyak wijen sebanyak sembilan porsi sehari dan sumber karbohidrat berasal dari gandum, sereal dan granola. Sumber protein dan omega 3 berasal dari ikan serta hindari terlalu banyak mengkonsumsi daging merah.

    9. Atur pola makan

    Pola makan yang benar adalah kunci utama menurunkan berat badan dengan sehat dan aman. Berikut ini adalah contoh dalam mengatur pola makan. Janganlah makan dengan melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi, membaca, makan sambil berdiri di depan kulkas. Mengunyah makanan dengan pelan-pelan bertujuan memberi waktu kepada tubuh untuk mengirim sinyal kenyang. Gantilah cemilan snack, biskuit dengan potongan buah segar. Kendalikan diri pada saat emosi atau sedang menghadiri udangan yang menyajikan makanan yang menggoda. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tetap konsisten dan lain sebagainya.

    10. Olahraga

    Pada dasarnya usaha menurunkan berat badan adalah jumlah kalori yang keluar harus lebih banyak daripada kalori yang masuk. Olahraga adalah usaha untuk membakar kalori serta cara yang sehat dan aman menurunkan berat badan. Dengan melakukan diet yang tertib, pola makan yang benar dan olahraga yang teratur tidak hanya menghasilkan berat badan yang ideal tetapi tubuh yang lebih sehat, berenergi, segar, tidak mudah sakit dan menjaga jantung tetap sehat. Tidak perlu olahraga teralu berat jika anda tidak memiliki banyak waktu. Luangkan sedikitnya 15 menit setiap hari untuk berolahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda dan lain sebagainya. Gunakan tangga daripada lift. Jangan terlalu banyak duduk dibelakang komputer, bergeraklah untuk melemaskan otot-otot anda dan pikiran anda.

    Share On:

    Leave a Reply


    Powered by : YahyaGallery